Ilustrasi Komputasi Awan

Komputasi awan menyediakan cara sederhana untuk mengakses server, penyimpanan, database, dan serangkaian layanan aplikasi yang luas melalui Internet. Ini disebut komputasi awan karena informasi yang diakses ditemukan di “awan” dan tidak mengharuskan pengguna berada di tempat tertentu untuk mendapatkan akses ke sana. Jenis sistem ini memungkinkan karyawan untuk bekerja dari jarak jauh. Anda dapat mengakses sumber daya sebanyak yang Anda butuhkan, hampir seketika, dan hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan. Konsumen tidak mengelola atau mengontrol infrastruktur cloud yang mendasarinya seperti jaringan, server, sistem operasi, penyimpanan, atau bahkan kemampuan aplikasi individual, dengan kemungkinan pengecualian dari pengaturan konfigurasi aplikasi khusus pengguna yang terbatas. Ada beberapa konsep tentang komputasi awan yang perlu kita ingat.

Layanan Mandiri Cloud Layanan Mandiri Sesuai Permintaan
Misalnya, jika tim TI Anda berada di bawah tekanan untuk menambah atau mengubah perangkat lunak, platform, atau infrastruktur dan membuatnya tersedia untuk pengguna Anda, mereka harus dapat membuat penambahan ini secara instan.

Akses Jaringan di Mana-mana
Hal ini mudah diakses oleh siapa saja dengan akses Internet. Anda dapat mengaksesnya kapan saja, dari mana saja. Manfaat ini sangat penting untuk semua aspek organisasi Anda. Yang dibutuhkan tim Anda hanyalah koneksi Internet dan mereka dapat masuk dan menggunakan semua aplikasi dan sistem perusahaan mereka, termasuk semua data dan sumber daya mereka dari lokasi mana pun. Ini bisa menjadi vital bagi pekerja jarak jauh, seperti tenaga penjualan di jalan yang mencoba untuk menutup penjualan yang menentukan kuartal itu.